Sabtu, 23 Maret 2013

Analisis Air

Analisis air secara  kimia memerlukan beberapa instrument laboratorium, mulai dari ph meter, spectrophotometer sampai Atomic Absorbance Spectrofotometri.
Peggunaan dan pemilihan instrument tersebut akan dipengaruhi oleh analisa yang akan dilakukan, anggaran yang tersedia , jumlah tenaga analis di laboratorium, dan metoda yang digunakan.
Berdasarkan kunjungan kami ke laboratorium analisis air, berikut adalah instrument yang biasanya dibutuhkan :
1. Spectrophotometer untuk analisa parameter khusus.
Spectrophotometer ini biasanya digunakan untuk menganalisa 1 – 3 parameter. Misalnya untuk analisa free chlorine atau Chemical Oxygen Demand ( COD ) . Analisa tersebut bisa menggunakan spectroquant picco  dari Merck atau MD 200 Photometer dari Lovibond.
Analisa parameter free chlorine biasanya digunakan di Water Treatment Plant ( WTP ).  Analisa Chemical Oxygen Demand  ( COD )  dibutuhkan oleh perusahaan yang hanya menganalisa parameter COD untuk Waste Water Treatment Plant.
2. Spectrophotometer UV-VIS
Spectrophotometer ini biasanya digunakan untuk analisis air sekaligus laboratorium riset dan pengembangan. Selain analisa reguler instrument ini bisa digunakan untuk analisa bahan baku atau mengembangkan metoda analisa baru.
Contoh spectrophotometer dikelas ini adalah spectroquant Pharo 300 dari Merck, DR 5000 dari Hach dan Spectrophotometer Genesys dari Thermo.
Selain digunakan untuk analisa konvensional , instrument ini juga bisa menganalisa parameter air menggunakan test kit yang tersedia dalam ragam range analisa dan jumlah test per pack.
3. Spectrophotometer Visible
Spectrophotometer ini biasanya digunakan untuk analisa rutin, baik air bersih ataupun air limbah. Selain dapat digunakan dengan metoda konvensional, kebanyakan type ini menggunakan test kit untuk mempermudah penggunaan.
Yang penting untuk di perhatikan adalah hampir semua alat ini bersifat close sistem dalam penggunaan  test kit . Sangat perlu untuk memperhatikan kemudahan dan ketersediaan test kit setelah pembelian instrument.
Di kelas ini, bersaing banyak type dari beberapa vendor. Spectroquant Nova 60 , Spectroquant Nova 60 A dan  Spectroquant Multi dari Merck, DR 800, DR 2800 dari Hach, juga spectrophotometer dari Machinery Nagel dan Lamotte.
4. Atomik Absorption Spectrophotometer ( AAS ) 
Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak laboratorium analisis air yang sekarang menggunakan AAS. Walaupun investasi untuk pembelian alat ini tidak murah, hasil dan cost per test analisis membuat instrument ini banyak dicari dan mulai banyak digunakan.
AAS yang banyak digunakan di Indonesia adalah dari shimadzu, analytical jena, GBC, dan Perkin Elmer. Masing masing vendor punya kekuatan dan kelemahan.
5. pH meter, Conductivity meter , TDS meter, Dissolve Oxygen meter
Instrument instrument ini ini bisa di beli dalam bentuk seperti pulpen, portable atau Benchtop. Pemilihan jenis type ini akan sangat bergantung pada penggunaan. Jika anda ingin menggunakan instrument tersebut  untuk keperluan di lapangan, silahkan menggunankannya  dalam bentuk portable. Tapi jika anda ingin melakukan analisa di laboratorium, kami sangat merekomendasikan untuk membeli type benchtop dan sesuai dengan Good laboratory Practices.
6. Water Checker
Alat ini digunakan untuk sekaligus menganalisa banyak parameter dari air. Merek yang banyak digunakan adalah dari HORIBA dan YSI.
7. Oxytop
alat ini digunakan untuk menganalisa Biological Oxygen Demand ( BOD )  secara mudah. Tinggal masukkan sample dalam botol khusus , tambahkan beberapa reagent dan biarkan alat bekerja. Secara investasi alat ini sangaat mahal bila dibandingkan dengan metoda analisa BOD menurut winkler.
 http://alatalatlaboratorium.com/Blog/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar